Sudah bukan rahasia umum lagi jika saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk melakukan peminjaman dana melalui Pinjol(Pinjaman Online). Hanya perlu bermodalkan foto kartu identitas, foto wajah dan juga nomor rekening pribadi, seseorang dapat memperoleh limit pinjaman dari ratusan ribu, hingga jutaan rupiah dengan waktu begitu cepat.

Namun dibalik semua kemudahan yang akan kamu dapatkan jika melakukan peminjaman dana melalui aplikasi Pinjol, sebenarnya ada juga efek negatif atau dampak buruk yang mungkin saja akan kamu dapatkan. Salah satunya adalah bunga yang akan dibebankan padamu tergolong cukup tinggi di setiap pembayaran cicilan.

Pada umumnya, aplikasi penyedia layanan pinjaman online akan memberikan bunga pinjaman pada para nasabahnya dengan sistem buang harian. Besarnya bunga yang dibebankan cukup bervariatif, mulai 0,3% hingga 0,4% per hari. Mungkin angka tersebut terlihat kecil, namun jika diakumulasikan sesuai dengan tenor pembayaran cicilan yang relatif cepat, maka persentase bunga tersebut akan menjadi cukup besar.

Bunga yang besar dan juga tenor pembayaran cicilan yang sangat cepat, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyak orang yang telah menjadi nasabah pinjol akan mengalami Galbay (Gagal Bayar). Jika hal tersebut sudah terjadi, maka bersiap-siaplah karena akan banyak sekali panggilan ataupun pesan yang akan masuk ke dalam handphone setiap saat.

Cara Mengatasi Teror Debt Collector Pinjol Resmi

Teror pinjol dalam bentuk panggilan dan pesan akan silih berganti masuk ke dalam handphone yang kamu miliki, untuk mengingatkanmu agar segera melakukan pembayaran cicilan yang sudah lewat tempo. Hal tersebut akan berlangsung setiap hari hingga kamu mampu membayar tunggakan cicilan yang kamu miliki.

Jika hal tersebut terjadi padamu, kamu tidak perlu panik. Coba lakukan beberapa langkah berikut ini sebagai cara  untuk mengatasi teror dari debt collector pinjol yang terus menghubungimu:

1.Menenangkan Dan Memberanikan Diri Untuk Mengangkat Panggilan

Jika kamu sudah berada dalam posisi gagal untuk membayar tagihan pinjaman tepat waktu, melarikan diri dengan tidak mengangkat telepon dari debt collector pinjol bukanlah solusi yang tepat. Hal ini dikarenakan, mereka akan terus menghubungi terus menerus, hingga kamu melakukan pembayaran tunggakan pinjaman.

Cobalah untuk menenangkan dan memberanikan diri terlebih dahulu untuk mengangkat telepon dari debt collector pinjol tersebut, untuk mencari solusi bersama tentang pelunasan pembayaran tagihan dari pinjaman yang kamu miliki.

2.Menanyakan Identitas Dari Penagih

Jika mentalmu telah terasa siap untuk menjawab telepon dari penagih(debt collector) tersebut, cobalah untuk menjawab panggilan tersebut dan menanyakan identitas dari penelpon tersebut. Hal ini perlu untuk kamu lakukan untuk mengetahui siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tangguh jawab.

3. Meminta Menunjukan Kartu Sertifikasi Profesi

Setelah identitas dari debt collector tersebut telah kamu konfirmasi dan juga terasa benar-benar dari aplikasi pinjaman online dimana kamu memiliki tagihan pinjaman di sana, langkah selanjutnya adalah meminta pada debt collector tersebut untuk menunjukan Kartu Sertifikasi Profesi.

Hal ini dapat kamu lakukan jika ada debt collector yang mendatangi langsung ke alamat rumahmu. Namun jika penagihan yang melalui panggilan atau pesan, biasanya mereka akan enggan memberikan Kartu Sertifikasi Profesi, dengan berdalih mereka hanya berniat untuk mengingatkan, bukan melakukan penagihan.

4.Menjelaskan Alasan Keterlambatan Pembayaran

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menjelaskan alasanmu, kenapa kamu bisa mengalami keterlambatan pembayaran pinjaman yang kamu miliki kepada DC yang menghubungimu. Berdiskusilah dan coba minta solusi berupa pengurangan beban bunga, rekonstruksi penghitungan pinjaman, ataupun solusi lainnya yang dapat meringankanmu dalam melakukan pembayaran pinjaman yang kamu miliki.

5.Mencari Pinajaman Tanpa Bunga

Melajukan gali lubang tutup lubang sebenarnya bukanlah solusi yang bijak dan tepat untuk kamu lakukan, guna membayar tagihan pinjaman online yang kamu miliki. Namun jika benar-benar kondisi ekonomi tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran tagihan menggunakan uang sendiri, melakukan pinjaman untuk melunasi tagihan pinjol yang kamu miliki merupakan cara alternatif yang dapat kamu lakukan.

Namun sebelum melakukan peminjaman dana baru, pastikan terlebih dahulu dana yang kamu pinjam bukanlah dana yang berbunga. Kamu dapat mencari pinjaman dari saudara, teman, ataupun tentangga. Jangan sekali-kali untuk meminjam ke aplikasi pinjol lain untuk membayar tagihan pinjol lainnya, karena hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan semakin membuat hutangmu menjadi lebih besar.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pinjol Legal Cepat Cair

6.Melunasi Tagihan

Jika kamu memiliki hutang, melakukan pelunasan adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Begitu juga dengan hutang pada pinjol, tentu saja kamu juga harus melakukan pelunasan. Jangan berpikir untuk lari dan tidak membayar tagihan dari pinjaman yang kamu miliki di aplikasi pinjol resmi, karena hal tersebut akan memberikan dampak buruk terhadap namamu pada BI Checking dan kredit skor OJK.

 

Cara untuk mengatasi teror Debt Collector pinjol resmi tentu  saja dengan melakukan pembayaran dari tagihan yang kamu miliki, tidak ada cara lain. Pinjol resmi merupakan penyedia layanan pinjaman uang yang memiliki legalitas hukum yang jelas, sehingga akan sangat merugikan bagimu jika tidak melakukan pelunasan pinjaman.

Sekian informasi mengenai cara untuk mengatasi teror Debt Collector pinjol resmi, semoga informasi tersebut bermanfaat bagimu. Terimakasih telah membaca..

Write A Comment